Kategori Berita
Media Network
Senin, 16 JUNI 2025 • 17:35 WIB

Kolaborasi Indozone, ANTARA, Garuda TV, dan On Us Asia, Tingkatkan Kualitas Informasi

Kolaborasi empat media yakni ANTARA, Garuda TV, Indozone, dan On Us Asia. (INDOZONE/Nadya Mayangsari) (INDOZONE/Nadya Mayangsari)

INDOZONE.ID - Tiga entitas media dan event organizer ternama, yakni ANTARA, Garuda TV, Indozone, dan On Us Asia, menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) di ANTARA Heritage Center, Jakarta, menandai langkah awal kerja sama strategis lintas sektor.

Melalui kerja sama ini, keempat entitas tersebut akan menciptakan ekosistem media dan event yang lebih inklusif dan berdampak.

Mereka akan mengembangkan program-program yang inovatif, termasuk konten edukatif dan liputan jurnalisme solusi, serta event-event besar yang melibatkan publik dan generasi muda.

Keempat entitas menyadari bahwa sinergi antarmedia menjadi kunci untuk menciptakan ekosistem informasi yang sehat, kredibel, dan bertanggung jawab, di tengah tantangan besar dunia media saat ini, mulai dari derasnya arus disinformasi hingga persaingan yang kadang mengabaikan etika. 

Kolaborasi ini juga mendorong lahirnya jejaring verifikasi fakta, ruang dialog antarpelaku media, serta respons komunikasi publik yang lebih terkoordinasi saat krisis terjadi.

"Sebagai kantor berita nasional, kami ingin memastikan bahwa kolaborasi ini tetap menjaga akurasi informasi dan mengangkat narasi yang mencerdaskan," ujar Akhmad Munir, Direktur Utama Perum LKBN ANTARA.

Baca juga: Panen Perdana Kopi Robusta Lereng Merapi, Kementan RI Dukung Pengembangan Komoditas Kopi di Sleman

Garuda TV berkomitmen menjadi garda depan dalam penyebaran informasi lewat jaringan televisi nasional. 

"Kami percaya informasi berkualitas harus dikemas dan disampaikan dengan pendekatan yang membangun dan merangkul," tutur Fahmi M. Anwari, Direktur Utama, Garuda TV.

Sementara Indozone akan memperkuat sisi digital melalui konten-konten hyperlocal dan kedekatan dengan audiens muda.

"Sesuai tagline Indozone We Are The Vocal of The Local, kami percaya bahwa anak muda punya potensi luar biasa dalam menciptakan ide-ide kreatif dan inovatif. Tak hanya di Jakarta tapi di seluruh daerah. Kami ingin menjadi jembatan yang menghubungkan kreativitas mereka lewat platform yang tepat," ungkap Riel Tasmaya, Direktur Indozone Media.

Sementara itu, ON US Asia akan mengeksekusi gagasan ke dalam bentuk event.

“Kami ingin membawa inspirasi ke ruang nyata, agar masyarakat bisa terlibat langsung dan merasakan dampaknya, Kolaborasi ini bukan sekadar seremoni, tapi bentuk keberanian bersama untuk merancang ekosistem komunikasi publik yang partisipatif. Kami percaya, ketika narasi, platform, dan aksi bersatu, maka perubahan menjadi lebih dekat dan terasa nyata di tengah masyarakat," jelas Junior R. Kainama, COO On Us Asia.

Kolaborasi ini muncul dari kesadaran bahwa kemajuan bangsa memerlukan sinergi dan inovasi dari berbagai pihak yang saling melengkapi.

Dengan satu visi dan semangat kolaborasi, keempat entitas ini bersatu menyongsong masa depan Indonesia yang inklusif, maju, dan berdaya saing global.

Baca juga: Semester Pertama 2025 Banyuwangi Surplus 159 Ribu Ton Beras, Target Swasembada Diperkirakan Tercapai

Selain itu, Fadjar Djoko Santoso selaku VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero) juga ikut menyambut baik kolaborasi keempat media tersebut dengan memberikan dukungan dan juga harapan ke depannya agar bisa lebih baik lagi.

Fadjar Djoko Santoso VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero. (INDOZONE/Nadya Mayangsari) (INDOZONE/Nadya Mayangsari)

"Kami dari Pertamina menyambut baik dengan tergelarnya kolaborasi acara sore hari ini, bagaimana Garuda TV, Antara, Indozone, kemudian On Us Asia, berkolaborasi untuk terus mengedukasi pemberian informasi kepada publik terkait bagaimana memilah informasi yang benar dan tepat," ujar Fadjar Djoko Santoso VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero) saat diwawancarai Indozone, Senin (16/6/2025).

Diharapkan ke depannya media bisa lebih memperluas jaringan informasi yang akurat sehingga bisa diterima baik oleh masyarakat dan tentunya bermanfaat.

"Kami selaku perusahaan milik negara mengaku sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan keempat lembaga tadi, dan harapannya ke depan kolaborasinya akan terus menjadi masif, sehingga jalinan informasi kepada masyarakat juga semakin banyak, sehingga masyarakat bisa mendapatkan informasi yang benar dan akurat," pungkasnya.

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi

Sumber: Liputan Langsung

BERITA TERKAIT
BERITA TERBARU

Kolaborasi Indozone, ANTARA, Garuda TV, dan On Us Asia, Tingkatkan Kualitas Informasi

Link berhasil disalin!