INDOZONE.ID - Popularitas Calon Wakil Presiden (Cawapres), Gibran Rakabuming Raka, terus mengalami peningkatan, sebagaimana tampak dalam pertumbuhan akun TikTok-nya yang mencapai angka 1 juta.
Hal ini dinilai sebagai keberhasilan Gibran dalam memanfaatkan media sosial TikTok, untuk melakukan komunikasi langsung dengan generasi muda.
Hal ini juga dianggap kesuksesan Gibran dalam membangun koneksi yang lebih personal dengan audiens muda.
Hal ini tampak saat Gibran melakukan live streaming TikTok sambil potong rambut. Video ini mendapat penayangan terbanyak 34,8 ribu kali, dengan 312,6 ribu total penayangan, dan 2,5 juta suka.
Baca Juga: Siskaeee Ajukan Prapradilan Lagi, Polda Metro Nyatakan Siap Hadapi
Prabowo-Gibran Kuasai TikTok
Menurut pendiri Drone Emprit, Ismail Fahmi, pasangan nomor urut 2 Prabowo-Gibran juga memiliki enggagement tertinggi di TikTok.
Pada awal Januari 2024, akun TikTok Gibran Rakabuming hanya memiliki 555 ribu followers. Jumlah tersebut bertambah pesat menjadi 1.6 juta followers pada Februari 2024.
Pertumbuhan followers Gibran Rakabuming ini jauh lebih pesat ketimbang cawapres lain. Sebab akun TikTok Cak Imin hanya bertambah sekitar 200 ribuan dari 137 ribu followers menjadi 308 ribu followers pada periode yang sama.
Adapun pertumbuhan followers Mahfud MD cukup pesat, meski jumlahnya berada di bawah Gibran Rakabuming dan Cak Imin. Followers akun TikTok Mahfud MD yang sebelumnya 91 ribu followers, menjadi 213 ribu followers dalam sebulan.
Baca Juga: Sepanjang 2023, Basarnas Ambon Lakukan 73 Ops SAR dengan 528 Korban Selamat dan 17 Dinyatakan Hilang
Berdasarkan data Drone Emprit atas pengawasan TikTok selama periode 21-30 Januari 2024, ada total 1.271.642.826 interaksi atau engagement yang diperoleh Prabowo-Gibran. Jumlah tersebut merupakan yang tertinggi dibanding peserta Pilpres 2024 lainnya
"Ini menandakan Prabowo-Gibran punya keterlibatan sangat tinggi di TikTok. Bisa karena strategi konten, peristiwa penting, atau aktivitas kampanye, yang dilakukan pada periode tersebut," kata Ismail dikutip dari press release yang diterima di Jakarta, Sabtu (3/2/2024).
Sementara itu, pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD, mendapat total 570.797.272 engagement. Adapun pasangan nomor satu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, berada di urutan terbawah dengan 516.899.152 interaksi.
Berdasarkan penjelasan Ismail, sebanyak 2.042 postingan di TikTok dalam periode analisis, berkaitan dengan Prabowo-Gibran.
Dari unggahan tersebut, Prabowo-Gibran mendapat 73.663.081 likes, 3.362.523 comment, 2.953.573 share, dan 1.197.162.733 views.
Pasangan calon yang menempati posisi kedua adalah Ganjar-Mahfud. Dengan 1.755 unggahan di TikTok, pasangan ini mendapat 574.882.128 interaksi, serta 25.349.593 likes, 1.730.978 comment, 613.302 share, dan 547.195.500 views.
Sementara itu, pasangan Anies-Cak Imin menjadi pasangan calon dengan paling banyak unggahan konten di TikTok.
Namun dengan sekitar 2.504 konten, tingkat partisipasi Anies dan Cak Imin lebih rendah dibandingkan Ganjar-Mahfud atau Prabowo-Gibran.
Dalam data Drone Emprit, unggahan Anies-Cak Imin hanya mendapat 522.562.286 interaksi, dengan 30.256.546 likes, 2.212.461 komentar, 1.008.099 share, dan 489.082.676 views.
"Meski jumlah post terbanyak adalah Anies-Cak Imin, tapi Prabowo-Gibran punya total engagement tertinggi, jauh melebihi yang lain," kata Ismail.
Konten ini adalah kiriman dari Z Creators Indozone. Yuk bikin cerita dan konten serumu serta dapatkan berbagai reward menarik! Let's join Z Creators dengan klik di sini.
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi
Sumber: Press Release