Rabu, 25 MEI 2022 • 10:00 WIB

Baru 38 Persen Berjalan, Proyek MRT Fase 2 Bundaran HI-Kota Harus Hadapi Hal Ini

Author

Progres pembangunan MRT Jakarta fase 2 (Nugrahanto Margo/IDZ Creators)

Para pengguna angkutan umum yang tinggal di Jakarta, pasti sudah enggak asing kan dengan MRT, alias Mass Rapid Transit? Kalian tahu enggak, kalau MRT sendiri sudah mulai membangun rute baru, dalam fase kedua dengan rute Bundaran HI-Kota.

Pembangunan koridor ini sendiri terbagi dua segmen, segmen 1 sampai Harmoni, ditargetkan selesai Maret 2025, dan segmen 2 sampai Kota yang ditargetkan selesai Agustus 2027. Kedua segmen tersebut masuk dalam Fase 2A.

Petugas memeriksa kondisi bawah tanah (Nugrahanto Margo/IDZ Creators)

Pembangunan akan dilanjutkan menuju Fase 2B, yang tujuannya mencapai Ancol Barat, dengan target selesai 2030 mendatang.

Sejauh ini pengerjaannya sudah 38% dan berada di kedalaman 30 meter, dengan terowongan yang membentang sejauh 11.8 km. Nantinya terowongan ini bisa ditempuh selama 15 menit.

Terowongan berada di kedalaman 30 meter (Nugrahanto Margo/IDZ Creators)

Pembangunan jalur ini semuanya memperhatikan kondisi tanah yang labil, serta pelestarian bangunan cagar budaya di sekitar lokasi.

"Karena fase 2 ini seluruhnya di bawah tanah kedalaman 20-30 meter dari bawah tanah, kemudian kondisi tanah yang labil, kemudian ini adalah banyaknya bangunan cagar budaya ya, harus kita pertimbangkan ya, mulai dari Thamrin sampai ke Kota, itu semuanya dibangun dengan memperhatikan pelestarian cagar budaya." Ujar Direktur Utama PT MRT Jakarta, William P. Sabandar. 

Nantinya akan ada tujuh stasiun yang membentang dari Bundaran HI-Kota, dan dua stasiun lagi hingga sampai Ancol Barat.

Pembangunan jalur MRT fase 2 baru 38 persen (Nugrahanto Margo/IDZ Creators)

Dananya sendiri berasal dari pinjaman pemerintah Jepang sebesar Rp22,5 triliun, dengan mempekerjakan 5.000 orang.

Dana pembangunan dari pinjaman pemerintah Jepang (Nugrahanto Margo/IDZ Creators)

MRT juga akan melanjutkan pembangunan menuju fase 3 dan fase 4. Fase 3 melayani rute Cikarang-Balaraja sejauh 87 km, dan fase 4 melayani rute Fatmawati-TMII sejauh 12 km. Keduanya ditargetkan rampung pada 2030 mendatang.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini.

IDZ Creators

 

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi

Sumber:

TERPOPULER
TAG POPULER
BERITA TERBARU
Tentang Kami Redaksi Info Iklan Kontak Pedoman Media Siber Kode Etik Jurnalistik Pedoman AI dari Dewan Pers Karir