Jumat, 29 NOVEMBER 2019 • 17:41 WIB

Indonesia Harus Lepas Label Negara Paling Hobi Beri Diskon dan Promo

Author

Ilustrasi promo diskon. (pexels.com)

Indonesia menjadi negara yang paling hobi memberikan diskon dan promo dalam penjualan produk di kawasan Asia Tenggara. Itu berdasarkan studi dari Google Temasek. 

Namun, status itu justru membuat Indonesia harus waspada. Peneliti Ekonomi Digital dari Institut Development for Economics and Finance (Indef), Bhima Yudhistira, menilai persaingan usaha di Tanah Air sudah tak sehat lagi. 

Menurut Bhima, fenomena 'bakar uang' untuk memberikan diskon atau promo yang terjadi di Indonesia sudah tidak wajar. Hal tersebut harus dihentikan. 

Selain berbahaya bagi persaingan usaha, aksi 'bakar uang' untuk diskon dan promo juga tidak efektif untuk menggaet loyal konsumen. 

"Lalu ada tantangan kalau misalnya sistem ini ambruk, satu pemain besarnya tumbang, ini ke penjualan juga akan berdampak," ujar Bhima kepada Indozone, Jumat (29/11). 

Dia menilai, saat ini yang ditawarkan kepada konsumen bukanlah inovasi. Namun, yang dimunculkan lebih ke arah promosi dan diskon. 

"Model bisnis seperti ini sepertinya lebih ke arah temporer," pungkasnya. 

Artikel Menarik Lainnya:

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi

Sumber:

TERPOPULER
TAG POPULER
BERITA TERBARU
Tentang Kami Redaksi Info Iklan Kontak Pedoman Media Siber Kode Etik Jurnalistik Pedoman AI dari Dewan Pers Karir