Dalam acara ulang tahunnya yang ke 8, Mal online, Blibli.com berkomitmen untuk mendorong perkembangan industri retail dengan meningkatkan pengalaman berbelanja melalui berbagai fitur dan inisiatif berbasis teknologi.
Selama 8 tahun kiprahnya di dunia retail, Blibli.com secara konsisten memperkuat bisnisnya melalui inovasi produk dan peningkatan kualitas layanan.
"Misi Blibli.com ke depannya adalah membantu membangun masyarakat cashless serta pemberdayaan sumber daya manusia," tutur Kusumo Martanto selaku CEO Bibli.com dalam konferensi pers perayaaan ulang tahun Blibli.com yang ke-8, di Jakarta, Jumat (26/7/2019).
Data Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (APRINDO) menunjukkan bahwa penjualan online menyumbang hingga 3% pendapatan industri retail per 2019. Ini menunjukan bahwa pelaku e-commerce memiliki peluang untuk meningkatkan peran dan kontribusinya.
Mendorong Penjualan UMKM
Dalam perayaan delapan tahun, Blbli.com juga berkomitmen membantu pemerintah untuk mendorong penjualan produk usaha mikro kecil menegah (UMKM) Indonesia.
“Kami bahkan bikin kategori khusus dari awal, namanya Galeri Indonesia. Kami terus mengajak seluruh UMKM yang ada di Indonesia untuk bisa berkembang melalui kategori khusus itu,” ujar Kusumo.
Selain itu, Blibli.com juga bekerjasama dengan sejumlah kementerian dan pemerintah daerah untuk terus mempromosikan dan menjual produk-produk UMKM Indonesia melalui platform itu.
Sejumlah pemerintah daerah yang telah bekerja sama dengan Blibli.com antara lain Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Pemerintah Provinsi Yogyakarta dan juga Pemerintah Provinsi Bali. Selain itu, hampir seluruh kementerian telah diajak bekerja sama.
Selain Galeri Indonesia, kategori fesyen Blibli.com juga turut mengembangkan bisnis lokal.
Sekiranya ada 50% brand fesyen yang ada dalam kategori tersebut merupakan karya desainer Indonesia.
Kerjasama Dengan UNICEF
Sadar akan pentingnya potensi besar yang ada dalam anak-anak muda Indonesia dalam kepemimpinan dan kemampuan di industri teknologi. Blibli.com juga berinvestasi untuk pengembangan human capital yang menyasar anak muda di dalam negeri.
Program tersebut juga akan mengasah hard skill maupun soft skill anak-anak muda untuk siap menghadapi tantangan industri teknologi ke depan.
Selain itu, Blibli.com juga menggandeng UNICEF dalam program Back to School untuk memastikan anak-anak Indonesia tidak putus sekolah.
"Kami bekerja sama dengan UNICEF untuk memberikan kesempatan anak-anak Indonesia yang membutuhkan untuk mengenyam pendidikan, ujar Kusumo.
Rudiantara Apresiasi Komitmen Blibli.com
Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara, mendukung usaha perusahaan retail seperti Blibli.com, dalam membantu pemerintah untuk meningkatkan perekonomian dalam negeri.
“Saya mengapresiasi apa yang dilakukan Blibli.com karena perhatian Blibli kepada produsen lokal atau UMKM. Saya sudah ikut (hadir) dua kali di semacam kompetisi untuk UMKM Indonesia yang dijual melalui Blibli.com.” kata Rudiantara.
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi
Sumber: