INDOZONE.ID - Kereta Api (KA) Pandalungan relasi Stasiun Gambir - Jember mengalami keterlambatan 6 jam akibat dampak banjir di wilayah Daop 4 Semarang.
Musibah banjir sekitar pukul 07.00 WIB, Kamis (14/3/2024) pagi. Terjadi di beberapa titik di Petak Jalan Semarang Tawang Bank Jateng - Alastua, yang masuk wilayah Daop 4 Semarang.
Menurut Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember, Cahyo Widiantoro akibat genangan air banjir setinggi kurang lebih 10 cm itu. Tidak memungkinkan bagi kereta untuk melintas.
"Dampak dari hal tersebut, beberapa KA mengalami perubahan pola (jalur) operasi yang seharusnya melewati lokasi banjir harus diputar perjalanannya. KA Pandalungan dari Stasuin Gambir dengan tujuan Stasiun Jember menjadi salah satu KA yang terdampak dan perjalanannya harus memutar lewat Tegal, Prupuk, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Gambringan dan Surabaya," kata Cahyo melalui rilis tertulisnya.
BACA JUGA: Stasiun Semarang Tawang Terendam Banjir, KAI Alihkan Penumpang ke Stasiun Semarang Poncol
Dengan adanya perubahan pola jalur operasi ini, lanjut Cahyo, KA Pandalungan mengalami keterlambatan kurang lebih 6 jam.
"Akibat banjir ini. Di Di Solo keterlambatan sudah 360 menit, sehingga KA Pandalungan sampai Jember sore. Diperkirakan sekitar pukul 16.45 WIB baru sampai Jember. Normalnya KA pandalungan harusnya 10.45 WIB sudah ada di Jember. Tadi posisi kereta masih di Solo sekitar pukul 08.00 WIB," ujarnya
Dengan kejadian keterlambatan kereta api ini, lanjut Cahyo, pihak KAI Daop 9 Jember menyampaikan permintaan maaf kepada para pelanggan.
Atas keterlambatan tersebut, KAI telah memberikan kompensasi service recovery. Berupa minuman dan makanan kepada para penumpang KA Pandalungan, sesuai dengan aturan yang berlaku.
Kemudian berdasarkan data manifes, Cahyo menambahkan, sebanyak 127 pelanggan KA Pandalungan turun di wilayah Daop 9 mulai dari Pasuruan sampai Jember.
"Selain itu, bagi pelanggan KA Pandalungan yang perjalanan kereta apinya terdampak kelambatan dan tidak berkenan berangkat, dapat membatalkan tiket perjalanannya di Loket stasiun dan bea. Nanti akan dikembalikan 100 persen di luar bea pesan," kata Cahyo.
"Pembatalan dapat dilakukan hingga tujuh hari setelah jadwal keberangkatan yang tertera pada tiket. Untuk syarat dan detail ketentuan selengkapnya, masyarakat dapat menghubungi Customer Service di Stasiun, Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp KAI121 di 08111- 2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121," sambungnya.
Konten ini adalah kiriman dari Z Creators Indozone. Yuk bikin cerita dan konten serumu serta dapatkan berbagai reward menarik! Let's join Z Creators dengan klik di sini.
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi
Sumber: Pers Rilis